Kamis, 15 November 2012

Lukisan Jutaan Dollar Ditemukan di Tempat Sampah

Manhattan, Detij.com-  Sebuah lukisan ditemukan di tempat sampah oleh seorang wanita di barat daya Manhattan. Takdinyana, setelah dijual, lukisan itu ternyata berharga lebih dari satu juta USD.

Ditemukan di Tempat Sampah, Sebuah Lukisan Ternyata Berharga Jutaan Dollar
Perempuan beruntung itu bernama Elizabeth Gibson, Ia kebetulan menemukan sebuah lukisan di tempat sampah ketika sedang jalan pagi. Walaupun wanita itu tidak memiliki dasar pengetahuan seni yang memadai, dalam hatinya ia merasa lukisan itu punya sesuatu yang khusus sehingga memutuskan membawanya pulang. Di rumah ia berusaha sekuat tenaga untuk menelusuri informasi yang baru saja ia temukan melalui internet.

Pencariannya bukan hanya sebentar, setelah empat tahun Elizabeth baru mendapatkan kejelasan terkait barang temuannya itu. Dari banyak website yang ia telusuri, sebuah situs barang antik mengumumkan tentang pencarian sebuah karya lukisan masterpiece yang telah hilang sejak tahun 1989. Lukisan itu selanjutnya diketahui bernama 'Tres personajes', sebuah mahakarya lukisan abstrak yang dilukis oleh Rufino Tamaya (1899-1991).

Wanita itu pun dianugerahi hadiah senilai $15,000 atas jasanya mengembalikan lukisan kuno yang hilang. Ia juga mendapatkan tambahan uang  karena lukisan itu terjual dengan harga $1,049,000 pada salah seorang kolektor lukisan tua berkebangsaan Amerika yang tidak mau disebutkan namanya.

Sebelum hilang, lukisan itu sebelumnya secara resmi dimiliki oleh seorang kolektor dari kota Houston yang membelinya dengan harga $55,000 sebelum ia dinyatakan hilang ketika dirinya pindah rumah.