Rabu, 19 Desember 2012

Kenapa Anda Tidak Boleh Konyol di Twitter?

Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika Anda memutuskan untuk bermain lelucon dan mempublikasikan beberapa materi aneh pada Facebook atau halaman Twitter? 
Saya tidak akan merekomendasikan hal ini. Pada bulan Januari 2012, seorang pria Inggris bernama Leigh Van Bryan merencanakan perjalanan ke Amerika Serikat dan menulis di akun Twitter-nya, “Free this week for a quick gossip before I go and destroy America.” (Minggu ini saya bebas untuk gosip cepat sebelum aku pergi dan menghancurkan Amerika)

Leigh Van Bryan dan Emily, harus berurusan dengan FBI karena tweet konyolnya
Sekedar informasi, kata "destroy" adalah istilah gaul di Inggris untuk "party". Begitu kalimat itu diposting di jejaring Twitter, perangkat lunak keamanan dengan cepat mendeteksi dan Leigh Van Bryan menjadi target pemantauan ketat Department of Homeland Security - US.

Ketika Leah mencoba masuk ke Amerika Serikat dengan temannya Emily Banting, keduanya diinterogasi oleh FBI terkait dengan tweet yang dibuat. FBI juga menggeledah tas pasangan tersebut untuk mencari senjata dan sekop. Rupanya Leigh juga mentweet salah satu sebuah kutipan dari acara televisi Family Guy tentang menggali tubuh Marilyn Monroe. 

Mereka berdua lalu ditahan karena dicurigai merencanakan untuk "melakukan kejahatan". Paspor mereka disita, mereka ditangkap, ditahan semalam, dan ditendang keluar dari AS. Selama ditahan, Leigh Van Bryan ditempatkan di sel penjara dengan dua laki-laki besar. Saat makan malam, Leigh tidak diberikan makanan.

"Para pejabat mengatakan kepada kami kami tidak diperbolehkan masuk ke negara itu karena tweet Leigh. Mereka ingin tahu apa yang akan kami lakukan," ungkap Emily Banting. 

"Saya terus mengatakan kepada mereka mereka telah salah paham terhadap tweet saya, tapi mereka hanya berkata: Kamu benar-benar kacau nak!, ujar Leigh. 

Akibat tindakannya, di masa depan, jika Leigh atau Emily ingin melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, mereka harus mengajukan permohonan kembali untuk visa di Kedutaan Besar AS di London. 

Moral dari cerita ini, jangan pernah mentweet kalimat atau ungkapan bodoh di Twitter, bahkan jika Anda sedang bercanda. Yakin saja, seseorang selalu mengawasi, dan seseorang itu tidak memiliki rasa humor sama sekali.