Sabtu, 22 Juni 2013

China Berikan Pelajaran Sekolah Dari Luar Angkasa

Beijing, Detij.com.- Baru-baru ini China menyiarkan program terbaru ruang angkasanya dimana para astronot yang mengorbit di stasiun luar angkasa China menmberi pelajaran kepada anak-anak Sekolah Dasar (SD) di bumi. Ini merupakan salah satu bagian dari upaya mempopulerkan program ruang angkasa di kalangan anak muda.

Wang Yaping saat memberikan eksperimen dari luar angkasa. Foto: CCTV1
Wang Yaping, salah seorang astronot memperagakan prinsip tanpa bobot dan menjawab pertanyaan dari 330 anak sekolah berkumpul di auditorium Beijing. Pelajaran 51 menit dari pesawat Tiangong 1 itu juga melibatkan Nie Haisheng dan Zhang Xiaoguang, awak stasiun yang juga ikut menjawab sejumlah pertanyaan tentang hidup, bekerja dan tetap sehat di ruang angkasa.

Uniknya, dalam satu kesempatan, Nie mengadopsi mitos posisi bersila 'lotus' yang akrab bagi semua penggemar film seni bela diri Cina. "Dalam ruang hampa, kita semua master kung fu," kata Wang sambil tersenyum.

Dalam demonstrasi kemudian menyerupai pertunjukan sulap, Wang menyuntikkan tetesan air yang menjadi bola besar. Ini menuai tepuk tangan dari ratusan siswa ini, dan tentunya decak kagum dari 60 juta orang lainnya yang menyaksikan dalam siaran langsung TV.

China dilarang berpartisipasi dalam Program stasiun luar angkasa internasional, terutama akibat keberatan Amerika Serikat yang memiliki perbedaan politik dan militer dengan Negara tirai bambo ini. (detij.com)