Minggu, 28 Juni 2015

Google Memulai Proyek WIFI Supercepat Dunia

Berselancar dengan koneksi WIFI tentunya bukan hal yang baru bagi kita. Tapi pernahkah anda menggunakan WIFI internet dengan kecepatan tinggi dan gratis?. Google sedang memulai proyek raksasa menyediakan koneksi internet melalui WIFI gratis untuk seluruh tempat di dunia.

Salah satu anak perusahaan Google yang bernama Sidewalk memfokuskan operasinya dalam memperbaiki kualitas hidup manusia melalui inovasi teknologi. Perusahaan tersebut mengumumkan akan meluncurkan proyek ambisiusnya yaitu menyediakan akses internet nirkabel pertama dengan koneksi super cepat pada sekitar bulan September 2015 mendatang.

Kota pertama yang akan disasar dalam proyek ini adalah New York. Projek Sidewalk berencana untuk menyulap lebih dari 10.000 kotak telepon umum yang ada di kota itu menjadi fasilitas penyedia internet. Setiap kotak telepon dirancang untuk dapat menyalurkan internet gratis dengan cakupan hingga 250 radius meter.

Seperti yang dilaporkan Bloomberg, Sidewalk juga akan menyediakan beragam fasilitas lainnya untuk melengkapi WIFI gratis tersebut. Diantaranya layanan pengisian daya smartphone gratis, telepon lokal gratis, serta informasi kota yang disajikan interaktif pada sebuah layar sentuh.

Untuk membiayai proyek ini, Google akan memanfaatkan jasa iklan mereka dalam setiap layanan yang digunakan masyarakat. Melalui pola kemitraan ini, perusahaan pencarian internet raksasa ini memproyeksikan keuntungan hingga mencapai USD 500 juta yang akan dicapainya setelah 12 bulan program berjalan. Menarik bukan?