Selasa, 22 November 2016

Gempa Bumi 7,3 Skala Richter Landa Jepang, Berpotensi Tsunami

Tokyo, Detij.com. Gempa bumi dengan kekuatan 7,3 Skala Richter (SR) mengguncang pulau Honshu, timur Jepang, pada Selasa (22/11) pagi waktu setempat. Peringatan akan adanya tsunami pun segera dikeluarkan.

Berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi Jepang, pusat gempa terjadi pada Selasa (22/11/2016) di Fukushima Prefecture, episentrum kedalaman 25 kilometer dengan skala kekuatan gempa diperkirakan telah mencapai 7,4 Skala Richter. 

Peringatan tsunami tersebut dikeluarkan di perfektur Fukushima sesaat setelah gempa tersebut mengguncang kawasan di pulau Honshu pada pukul 05.59 waktu setempat.

Hingga saat ini belum dijelaskan apakah ada korban jiwa dan kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut.

Update Perkembangan Berita Gempa/Tsunami Jepang:

Selasa, 22 Nov 5.59 Peringatan adanya gempa bumi berkekuatan 7,4 yang berpusat di Fukushima Prefecture. Selain gempa ini di Badan Meteorologi Jepang, yang telah mengumumkan peringatan tsunami untuk pantai Fukushima Prefecture. Pantai di Miyagi Prefecture juga telah mengumumkan kemungkinan peringatan tsunami dan menyerukan masyarakat meningkatkan kewaspadaan serta seperti mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Diperkirakan, tsunami yang akan terjadi di pantai Miyagi Prefecture dan Fukushima Prefecture, adalah dengan ketinggian maksimum 3 meter.

Selain itu, NHK Jepang melalui lamannya mengatakan pantai-pantai di Samudera Pasifik mulai dari Aomori, Iwate, Ibaraki, dan deretan pantai di Chiba, peringatan tsunami dikeluarkan. Ketinggian tsunami yang diperkirakan adalah maksimal satu meter.

Peringatan dini tsunami akibat gempa Jepang
Di pelabuhan Sendai peringatan dini tsunami telah memastikan ketinggian gelombang tsunami yang telah terjadi adalah 1 meter 40 cm pada pukul 08:03 pagi ini. Selain itu, di Pelabuhan Fukushima 90 sentimeter hingga pukul 07:06, 80 sentimeter hingga 07:37di Prefektur Iwate Kuji. Teramati juga tsunami 60 sentimeter 06:49 menit di Iwaki City, Prefektur Fukushima. Ada risiko tsunami telah mencapai tempat yang lebih tinggi di beberapa tempat, evakuasi pun diharapkan dilakukan pada wilayah yang jauh dari pantai tersebut.

Selain itu, dalam gempa ini, intensitas seismik dari 5 lebih rendah dari yang kuat gemetar di Iwaki City, Prefektur Fukushima dan Shirakawa, Sukagawa, Minami Soma City, Hirono Town, Naraha, Futaba-cho, seperti Namie, dan 14 kotamadya, di Ibaraki Prefecture Takahagi, kami mengamati di Prefektur Tochigi Otawara.