Rabu, 16 November 2016

Kena Sinkhole, Jalan di Jepang Kembali Mulus Dalam 48 Jam

Jepang, Detij.com. Luar Biasa. Mungkin kalimat itu paling tepat disampaikan pada para pekerja konstruksi di Jepang. Bagaimana tidak, pasca kejadian sinkhole di jalanan pusat kota Fukuoka, jalanan berhasil dibuka kembali untuk umum dalam tempo dua hari.

Kejadian Sinkhole yang terjadi pada tanggal 6 November itu dipicu oleh adanya gempa bumi yang cukup besar yang menggetarkan seluruh kota. Tanah tiba-tiba amblas meninggalkan lubang raksasa yang menganga dan memutus total ruas jalan raya.

Sinkhole di jalananan Jepang diperbaiki dalam waktu 2 hari. sumber: Guardian
Belum hilang kekagetan atas munculnya lubang itu, berita gembira datang tidak butuh waktu yang lama. Lubang raksasa itu telah ditutup dan dikuatkan dan jalan kembali dibuka pada tanggal 8 November  pukul 5 sore waktu setempat.

Walikota Fukuoka, Soichiro Takashima, mengatakan kawasan yang terdampak pada saat ini 30 kali lebih kokoh dari sebelumnya. Namun menurutnya, para ahli harus bisa mengetahui penyebab terjadinya insiden tersebut agar dapat dilakukan pencegahan.

Amblasnya tanah telah memotong pipa air dan gas, memutus dan mengganggu jaringan telepon. namun tidak ada satupun korban jiwa yang dilaporkan oleh otoritas setempat. 

Sementara itu media lokal melansir, lubang raksasa 30x27 meter dengan kedalaman 15 meter di jalanan Fukuoka beberapa waktu yang lalu disebabkan oleh proses pekerjaan konstruksi terowongan kereta bawah tanah yang sedang dilaksanakan.

Laju pekerjaan perbaikan jalan di Jepang tentunya mengingatkan kita pada momen kebangkitan warga negeri sakura tersebut pasca terjadinya gempa bumi, tsunami, dan kebocoran reaktor nuklir lima tahun yang lalu.

Pada saat itu, hanya dalam tempo enam hari setelah bencana para pekerja mampu memperbaiki retakan besar pada jalan-jalan utama di bagian utara kota Tokyo. Hal ini pula lah yang turut memacu cepatnya upaya pertolongan ratusan korban selamat dalam musibah itu.